PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KELAS 5 SD NEGERI TUKANG 02
Abstract
Abstract
This study aims to improve the creativity and learning outcomes of students of grade V SD N Tukang 02 by using the model of Project Based Learning. The type of research used is classroom action research (PTK). The data obtained using test and observation techniques. The research instrument used in the form of observation sheet of teacher activity and the achievement of syntax on the model used. Data analysis technique in the research is qualitative data and quantitative data. Based on the results of data analysis showed that the creativity of students on the pre cycle of low category, then the first cycle medium category, and cycle II high category. The result of student learning showed on the pre cycle of 25 students as many as 10 students who have value above> 70, while 15 students get score <70. After the first cycle, the result of learning of grade V SDN Tukang 02 has increased. From 25 students, 18 students have score> 70 and there are 8 students who have score <70. And then to cycle II shows improvement of 25 students as much as 23 students have value> 70 and 2 students have <70. The results of this study show that by applying the model of Project Based Learning can improve creativity and student learning outcomes theme 9 class V SD N Tukang 02.Keywords: Project Based Learning, Creativity, Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N Tukang 02 dengan menggunakan model Project Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang didapat menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi kegiatan guru dan ketercapaian sintak pada model yang digunakan. Teknik analisis data pada penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa kreativitas siswa pada pra siklus masuk kategori rendah, kemudian siklus I kategori sedang, dan siklus II kategori tinggi. Hasil belajar siswa menunjukan pada pra siklus dari 25 siswa sebanyak 10 siswa yang memiliki nilai di atas > 70, sedangkan 15 siswa mendapatkan nilai < 70. Setelah siklus I dilakukan hasil belajar siswa kelas V SD N Tukang 02 mengalami peningkatan. Dari 25 siswa sebanyak 18 siswa memiliki nilai >70 dan ada 8 siswa yang memiliki nilai < 70. Dan dilanjukan ke siklus II menunjukkan peningkatan kembali dari 25 siswa sebanyak 23 siswa memiliki nilai > 70 dan 2 siswa memiliki nilai < 70. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa tema 9 kelas V SD N Tukang 02.
Kata kunci: Model Project Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.