candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SD SE-KECAMATAN ADIPALA TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Rindi Aziz, Joharman Joharman, Ratna Hidayah

Abstract


ABSTRAK : Pengaruh Intensitas Penggunaan Alat Peraga IPA Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Sekecamatan Adipala Tahun Ajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan adanya perbedaan yang signifikan pengaruh intensitas penggunaan alat peraga IPA terhadap hasil belajar IPA dan (2) mengetahui intensitas manakah yang memberikan pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Analisis data yang digunakan yaitu anava satu jalur. Uji lanjut yang digunakan adalah uji Scheffe. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terbukti adanya perbedaan yang signifikan pengaruh intensitas penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA dan (2) intensitas penggunaan alat peraga secara sering memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas V SD Se-Kecamatan Adipala tahun ajaran 2017/ 2018.

Kata kunci: intensitas, alat peraga, hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.