candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG GERAK BENDA DAN ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN GESIKAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Laila Mutiara, Ngatman Ngatman, Imam Suyanto

Abstract


Abstrak: Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas III SDN Gesikan Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang gerak benda dan energi pada siswa kelas III SDN Gesikan melalui penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Gesikan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Teknik uji validitas data pada penelitian ini yaitu teknik triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang gerak benda dan energi.

 


Kata kunci: CTL (Contextual Teaching and Learning), Media Konkret, IPA

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.