candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN GESIKAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Linda Prahastiwi, Imam Suyanto, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Gesikan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang operasi hitung pecahan melalui penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dan setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Gesikan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data secara kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Gesikan tahun ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Media Konkret, Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.