candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BOJONGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Rusydiah Nur Hasanah, Joharman Joharman, Ngatman Ngatman

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Take and Give dengan Media Visual dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bojongsari Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah model take and give dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Pada tes awal sebelum dilakukan tindakan, persentase ketuntasan siswa yaitu 15,15% meningkat menjadi 100,00% pada pertemuan akhir siklus III.

 

Kata kunci: model take and give, media visual, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.