candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Role Playing dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pkn tentang Globalisasi pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pucangan Tahun Ajaran 2016/2017

Desi Rofitah, Kartika Chrysti Suryandari, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Role Playing dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pkn tentang Globalisasi pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pucangan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn tentang globalisasi di kelas IV SD Negeri 2 Pucangan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, angket, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: role playing, motivasi, hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.