candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA BLOK PECAHAN DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD

Dini Iswiranti, Ngatman Ngatman, Triyono Triyono

Abstract


Abstrak: PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA BLOK PECAHANDALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHANPADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5PANJER TAHUN AJARAN 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Panjer.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif bersama guru kelas IV SD Negeri 5 Panjer.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tes.Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatanRealistic Mathematics Education (RME)dengan media blok pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar matematika tentang pecahan siswa kelas IV pada setiap siklus.

Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), media blok pecahan

 

Abstract: THE USE OFREALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)APPROACH USINGFRACTION BLOCK MEDIAIN IMPROVINGTHE LEARNING OUTCOME OF MATHEMATICSABOUT FRACTIONFOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 5PANJERIN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. The objective of this research is to to improve the learning outcome of mathematicsabout fraction for the fourth grade students of SD Negeri5Panjer. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted with the teacher of SD Negeri 5 Panjer. Subjects of the research were teacher and 36 students of the fourthgrade of SD Negeri 5 Panjer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. it was conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The results of this research show thatthe use of realistic mathematics education (RME) approach usingfraction block media can improve the learning outcome of mathematicsabout fraction for the fourth grade students of SD Negeri 5Panjerin the academic year of 2016/2017.

Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Fraction Block Media.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.