PENERAPAN MODEL RME DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak : Penerapan Model Realistic Matematics Education (RME) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas V SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar melalui penerapan model Realistic Matematics Education (RME) dengan media konkret. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik nontes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah RME dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SDN 1 Pejagoan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar pada tiap siklus. Presentasi ketuntasan pada siklus I=74,25%, siklus II=82,25%, dan siklus III=88,7%.
Kata kunci: RME, media konkret, Matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.