candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Visual dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN Kedungkamal Tahun Ajaran 2016/2017

Wenny Herdana Putri, Ngatman Ngatman, Joharman Joharman

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Visual dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa  Kelas V SDN Kedungkamal Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD melalui penerapan model Think Talk Write dengan media visual gambar peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Kedungkamal yang berjumlah 25 siswa. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi mengalami peningkatan setelah menerapkan model TTW dengan media visual gambar peristiwa.

 

Kata kunci: think talk write, media visual gambar peristiwa, keterampilan                         menulis puisi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.