candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sulistianingsih Sulistianingsih, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi

Abstract


Abstract: The Use of Guided Inquiry Lesson using Poster as Media in Improving IPS Lesson for Fifth Grade Studentd of SD Negeri 4 Tamanwinangun in the Academic Year of 2016/2017. The objective of research was to improve IPS lesson through the use of guided inquiry lesson using poster as media. This research is conducted within three cycles consisted of four stages, namely; planning, conducting, observing, and reflecting. Techniques of collecting data were non test and test. Data were collected by using evaluation sheet, observation, and interview. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and technique. Data were analyzed using qualitative analysis and quantitative analysis. The results of this research show that the use of guided inquiry lesson using poster as media can improve IPS.

Keywords: Guided inquiry, poster media, Lesson, IPS

 

Abstrak: Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Media Poster Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media poster. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data berasal dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data tes dan non-tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster dapat meningkatkan pembelajaran IPS.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Poster, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.