candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG GAYA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEBANGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Siti Zakiyah, Kartika Chrysti Suryandari, wahyudi wahyudi

Abstract


Abstrak: Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA tentang Gaya Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gebangsari Tahun Ajaran 2016/2017.  Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (3) meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 21. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilakukan dengan langkah-langkah: (a) mengidentifikasi pokok permasalahan, (b) membuat perencanaan pemecahan masalah, (c) melaksanakan penyelidikan untuk memecahkan masalah, (d) melaporkan hasil penyelidikan, (e) menganalisis proses pemecahan masalah, (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, (3) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis,hasil belajar, IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.