candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD

Suci Anggar Wati, Tri Saptuti Susiani, Moh. Salimi

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia. Penelitian tidakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, multimedia, pembelajaran, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.