candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARLOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN KUTOSARI KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Fajar Fitriyadi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi
gaya straddle pada siswa kelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten
Pekalongan melalui model pembelajaran bermain.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yang berjumlah
38 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data
adalah dengan cara observasi tes kemampuan dan penelitian hasil belajar lompat
tinggi gaya straddle. Tekni kanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah secara deskriptif interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
melalui model bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya
straddle pada siswa kelas V SDN Kutosari Kecamatan Doro Kabupaten
Pekalongan. Dari hasilan alisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari
siklus I dan siklus II. Hasil belajar lompat tinggi gaya Straddle pada siklus I
dalam kategori tuntas adalah 52,6% jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa.
Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar dalam kategori tuntas
81,5% dengan siswa yang tuntas adalah 31siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Tinggi, Gaya Straddle, Deskriptif Interaktif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.