candi borobudur kerajaan di indonesia

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONCAT KATAK (KIDS ATHLETIC) MELALUI PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SDN WONOWOSO SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Hafid Kurniyawan

Abstract


Hafid Kurniyawan. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONCAT KATAK (KIDS
ATHLETIC) MELALUI PENERAPAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA
SISWA KELAS IV SD NEGERI WONOWOSO SURAKARTA TAHUN AJARAN
2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Surakarta. September 2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar loncat katak pada
siswa kelas IV SD Negeri Wonowoso tahun ajaran 2011/2012 melalui penerapan alat bantu
pembelajaran (kardus, ban bekas, karet gelang).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Wonowoso tahun ajaran
2011/2012 berjumlah 32 orang yang terbagi atas 21 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik
pengumpulan data adalah melalui tes dan pengukuran kemampuan gerak dasar loncat katak
dan observasi dari proses kegiatan pembelajaran. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan alat bantu pembelajaran
dapat meningkatkan hasil belajar loncat katak siswa dari kondisi awal ke siklus 1, dari siklus
1 ke siklus 2. Pada kondisi awal menunjukkan hasil belajar 46,88% (15 siswa yang tuntas),
pada siklus 1 menunjukkan hasil belajar 75% (24 siswa yang tuntas) yang artinya sudah ada
peningkatan dari kondisi awal tetapi belum mencapai persentase target yang diharapkan,
sedangkan pada siklus 2 hasil belajar menunjukkan peningkatan 90,63% (29 siswa yang
tuntas) yang artinya sudah mencapai persentase target yang diharapkan. Proses pembelajaran
pada kondisi awal bersifat monoton atau konvensional sehingga kemampuan gerak dasar dan
ketuntasan hasil belajar loncat katak rendah. Peningkatan terjadi pada siklus 1. Kemampuan
gerak dasar dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat walaupun belum optimal.
Pelaksanaan siklus 2 menyebabkan kemampuan gerak dasar dan ketuntasan hasil belajar
siswa meningkat menjadi lebih tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang
berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran (kardus, ban
bekas, dan karet gelang) dapat meningkatkan hasil belajar loncat katak dalam pembelajaran
Penjas siswa kelas IV SD Negeri Wonowoso tahun ajaran 2011/2012.
Kata kunci: hasil belajar loncat katak, alat bantu pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.