candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yuky Antoni

Abstract


Yuky Antoni. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR
TANGKAP BOLA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 BEJEN KARANGANYAR TAHUN
AJARAN 2012 / 2013.Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta,oktober 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatan hasil belajar lempar tangkap bola
melalui penerapan pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Bejen
Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dalam penelitian dilaksanakan dalam dua siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV SD Negeri 04 Bejen Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013 yang
berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan.
Data hasil belajar lempar tangkap bola diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar
observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam
mengikuti proses pembelajaran gerak dasar lempar tangakap bola melalui
penerapan pendekatan bermain dengan menggunakan teknik prosentase untuk
melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerakan lempar
tangkap bola meningkat dari 35,8 % atau 15 siswa yang mencapai batas tuntas
pada kondisi awal menjadi 64,2 % atau 27 siswa yang mencapai batas tuntas pada
akhir siklus I dan meningkat menjadi 83, 4% atau 35 siswa yang mencapai batas
tuntas pada akhir siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat
meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 04 Bejen Karanganyar tahun ajaran 2012/2013.
Kata kunci : gerak dasar, pendekatan bermain, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.