candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERMAIN UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SDN III PANDEYAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

YUNI KARTIKA SARI

Abstract


Yuni Kartika Sari. PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
BERMAIN UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SERVIS
BAWAHBOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SDN III
PANDEYAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skipsi, Surakarta: Fakultas Keguruandan
Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2012.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola
voli mini pada siswa Kelas IV SDN III Pandeyan Kecamatan Jatisrono Kabupaten
Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa
Kelas IV SDN III Pandeyan Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun
Pelajaran 2011/2012.yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 18 putra dan 8 putri.
Sumber data hasil belajar servis bawah bola voli mini dari guru dan siswa. Teknik
pengumpulan data melalui lembar observasi dan soal tes. Uji validitas data
menggunakan metode trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian adalah model siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan
pembelajaran bermain dapat mengoptimalkan hasil belajar servis bawah bola voli
mini dari penguasaan servis bawah bola voli mini meningkat dari 12 siswa (46%)
pada kondisi awal menjadi 20 siswa (76,92 %) pada akhir siklus I dan meningkat
menjada 23 siswa (88,46 %) pada akhir siklus II. Aktifitas siswa (Afektif) pada
saat pembelajaran servis bawah bola voli mini meningkat dari 10 siswa (38,46 %)
pada kondisi awal menjadi 23 siswa (88,46 %) disiklus I, namun turun di siklus II
menjadi 20 siswa (76,92 %). Pemahaman konsep (Kognitif) siswa terhadap materi
pembelajaran servis bawah bola voli mini meningkat dari 15 siswa (57.69%) pada
kondisi awal menjadi 19 siwa (73.08%) disiklus I dan meningkat menjadi 21
siswa 80.77% pada akhir siklus II. Hasil belajar yang merupakan jumlah nilai
psikomotor, afektif dan kognitif siswa kelas IV SD N III Pandeyan Kecamatan
Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012 mengalami
peningkatan dari 12 siswa ( 46,15%) pada awal siklus menjadi 19 siswa ( 73.08)
pada siklus I dan meningkat menjadi 23 siswa (88,46%) disiklus II.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat
mengoptimalkan hasil belajar servis bawah bola voli mini pada siswa Kelas IV
SDN III Pandeyan.
Kata kunci : pendekatan pembelajaran, bermain, hasil belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.