KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL-NOVEL KARYA HANUM SALSAEBILA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan konflik batin yang dialami para tokoh, nilai-nilai pendidikan, dan relevansi novel-novel karya Hanum Salsaebila dengan pembelajaran sastra di SMA.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa dokumen novel-novel dan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, analisis dokumen dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Konflik batin yang dialami oleh tokoh di dalam novel-novel didasarkan pada teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yang diperoleh gambaran tentang struktur kepribadian tokoh yang dipengaruhi oleh ketiga sistem kepribadian yaitu id, ego, dan superego; (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel-novel; (3) novel-novel karya Hanum Salsaebila Rais yang relevan dengan pembelajaran sastra di SMA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.