candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI KESOPANAN TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA

Dilla Marstiani, Sumarlam Sumarlam, Muhammad Rohmadi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk Tindak Tutur Direktif Guru terhadap Siswa dalam Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, (2) Bagaimana bentuk pelanggaran Strategi kesopanan dalam pembelajaran bahasa indonesia menulis cerita pendek di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, (3) Bagaimana fungsi tindak tutur direktif guru terhadap siswa dalam pembelajaran di SMK muhammadiyah 3 Surakarta, (3) Bagaimana relevansi strategi kesopanan tindak tutur direktif guru dengan pembelajaran bahasa indonesia menulis teks cerita pendek kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru terhadap siswa dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, untuk mendeskripsikan bentuk pelanggaran strategi kesopanan dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta, untuk mendeskripsikan relevansi strategi kesopanan tindak tutur direktif guru dengan pemelajaran bahasa indonesia menulis teks cerita pendek kelas XI di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini melibatkan beberapa jurusan yang ada di sekolahan tersebut bmeliputi: Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ), Tehnik Audio Video (TAV), Tehnik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Proses pembelajan secara umum dilaksanakan di ruang kelas, dn di ruang praktik SMK Muhammadiyah 3 Surakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.