candi borobudur kerajaan di indonesia

MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI ALAT MEMPERLANCAR KEMAMPUAN MENYIMAK PESERTA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA)

Novia Rahmah Bastian, Andayani Andayani, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas media audio-visual sebagai alat memperlancar kemampuan menyimak peserta pembelajaran BIPA. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa asing pelajar BIPA tingkat dasar di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri atas 30 orang, yang di pilih secara acak. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengujian sifat data, uji gain, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil dari kelas mahasiswa asing pelajar BIPA tingkat dasar di UPT Bahasa Universitas Sebelas Maret antara mahasiswa yang menggunakan media audio visual dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan metode konvensional. Dimana hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan audio visual media (17,06) lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional (10,00). Temuan dari penelitian adalah dosen perlu menggunakan media berbasis teknologi dalam mengajar salah satunya menggunakan media audio visual, sehingga hasil belajar bisa dicapai secara optimal, terutama untuk memperlancar dalam pelajaran menyimak.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.