candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS BAHASA INDOGLISH DALAM KOMUNIKASI JUAL BELI ONLINE DI FACEBOOK

Afifah Istiqomah, Sumarwati Sumarwati, Budhi Setiawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan bahasa Indoglish dalam jual beli online yang ada di market place aplikasi Facebook. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diambil dari kutipan data-data yang ada dalam iklan media sosial Facebook. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat dengan pendekatan wacana sosioliinguistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur-unsur kebahasaan yang dominan digunakan dalam iklan jual beli yakni frasa, klausa, dan pemakaian nomina. Secara mendalam, penelitian ini menghasilkan tiga temuan, yaitu 1) bentuk lingual dalam penulisan iklan, 2) variasi bahasa yang digunakan dalam iklan, dan 3) tujuan dan maksud dari tuturan iklan tersebut oleh si penutur yakni penjual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.