candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Nurlinawati Nurlinawati, Sarwiji Suwandi, Andayani Andayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan membandingkan data tentang strategi yang diberikan oleh guru kelas dalam pembelajaran membaca dan menulis permulaan pada anak berkebutuhan khusus di kelas I dan II sekolah dasar. Aspek yang diamati dalam strategi pembelajaran membaca menulis permulaan usaha guru dalam mengekfektifkan dan mengefisienkan pembelajaran membaca menulis permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan II SD Negeri Manahan, Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teori dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I dan II SD Negeri Manahan sudah melaksanakan akomodasi pembelajaran meliputi: (1) mengkolaborasikan berbagai metode dan media agar pembelajan dapat berhasil dengan baik. Kolaborasi media yang diberikan adalah dengan adanya media gambar dan huruf timbul serta membaca nyaring, (2) pembelajaran menulis sudah mengarah pada kegiatan mengarang yang diawali dengan pembelajaran mengarang permulaan (mengarang sederhana berdasarkan gambar seri, cerita sederhana, atau pengalaman siswa) sampai pada tingkat mengarang lanjut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.