candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A1 TK GENTUNGAN 01 MOJOGEDANG KARANGANYAR TAHUN 2015/ 2016

Reni Isnaini, Yudianto Sujana, Djaelani .

Sari


ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui bermain konstruktif pada anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam  dua siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Data kuantitatifnya yaitu data hasil tes dengan LKA, hasil unjuk kerja anak serta angket dari orang tua anak. Data kualitatifnya adalah hasil wawancara dengan guru, observasi aktivitas anak dan kinerja guru serta dokumentasi. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Instrumen diuji dengan uji validitas isi dan uji validitas konstruk. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan bermain konstruktif dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak kelompok A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dibuktikan peningkatan ketuntasan anak saat prasiklus 7 anak atau 43,75%, siklus I meningkat 10 anak atau 62,5 %, siklus II meningkat 13  anak atau 81%.

Kata Kunci: bermain konstruktif, konsep bilangan

 

ABSTRACT The purpose of this study was to improve understanding of the concept of numbers through constructive play in group A1 kindergarten children Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar 2015/2016 school year. Classroom Action Research (PTK) was conducted in two cycles consist of three meetings with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were children in group A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar 2015/2016 school year totaling 16 children. Data collection techniques used were interviews, observations, questionnaires, documentation and testing. Namely quantitative data with LKA test data, results of performance of the child as well as a questionnaire from the child's parents. Qualitative data is the result of interviews with teachers, observation of the child's activity and performance of teachers as well as documentation. In the researchers collected data using triangulation techniques and triangulation of sources. Instruments tested with test content validity and construct validity. Analysis of the data using the model of Miles and Huberman interactive analysis of data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions. The results showed that by applying constructive play can enhance the understanding of the concept of numbers of children in group A1 TK Gentungan 01 Mojogedang Karanganyar 2015/2016 school year demonstrated an increase in the thoroughness of the child while prasiklus 7 children, or 43.75%, the first cycle increased 10 children or 62.5% , the second cycle increased by 13 children or 81%.

Keywords: constructive play, a concept of numbers

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.