candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Teknik Montase pada Anak Kelompok B RA As-Syafi'iyyah Juwiring Klaten Tahun 2015/2016

Miskah Birohmatik, Muhammad Shaifuddin, Warananingtyas Palupi

Sari


ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar teknik montase pada anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016 yang berjumlah 18 orang dan guru kelompok B. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil karya. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah pemberian tindakan dengan menerapkan kegiatan menggambar teknik montase. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus sejumlah 8 anak (44,44%). Pada siklus I diperoleh ketuntasan kemampuan motorik halus meningkat menjadi 10 anak (55,56%). Pada siklus II ketuntasan kemampuan motorik halus anak menjadi (83,33%) atau 15 anak. Berdasarkan uraian di atas, maka simpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar teknik montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten tahun 2015/2016.

 

Kata Kunci: kemampuan motorik halus, kegiatan menggambar teknik montase

 

ABSTRAC The purpose of this research is to improve fine motor skills through activities draw montage teqniques in groups B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten  year 2015 / 2016. The kind of this research is a class action research (PTK) done in two cycles. Each cycle consists of two mettings each meeting consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Subjects and sources of data in this study is the group B RA As-syafi’iyah Juwiring Klaten 2015/2016 totaling 18 people and teachers B group. The data collection technique is carried out through observation, interviews, documentation and work. The validity of the data used is source triangulation and triangulation techniques. The data analysis technique used is interactive analysis which includes data collection, data reduction, observation, and reflection. This research concluded that it is raising fine motor skills of children after the action applying drawing montage techniques. In the precycle gained mastery of fine motor skills a number of 8 children (44,44%). In the first cycle obtained mastery of fine motor skills increased to 10 children (55,56%). In the second cycle mastery of fine motor skills of children into (83,33%) or 15 children. Based on the above, the conclusion of this study is through a drawing activity montage techniques can improve fine motor skills of children in group B RA As-Syafi’iyah Juwiring Klaten year 2016/2016.

 

Keywords: Ability fine motor skills, drawing activity montage techniques




Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.