candi borobudur kerajaan di indonesia

meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui lecture bingo games pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum tahun ajaran 2016/2017

Alifia Nisa Nursanti, Yudianto Sujana, Muhammad Munif Syamsuddin

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui lecture bingo games pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo Tahun Ajaran 2016/2017.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan sekaligus pengamatan, dan refleksi/ evaluasi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah 16 anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan penugasan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif model Miles and Hibbermen. Simpulan penelitian ini adalah lecture bingo games dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf pada anak kelompok A TK Sri Juwita Hanum Mojosongo Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mengenal lambang huruf anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pratindakan sebesar 6%, siklus I sebesar 31%, dan siklus II sebesar 75%

Kata Kunci: perkembangan bahasa, pengenalan lambang huruf, lecture bingo games

 

ABSTRACT This research aims to increase identification of letters through lecture bingo games in children  group A of TK Sri Juwita Hanum Mojosongo in 2016/2017 academic year. This research is a form of classroom action research (CAR). It is implemented in two cycles. Each cycles consist of four meetings with three phases, those are planning, implementation plus observation, and reflection or evaluation.  Subject in this study were sixteen children in group A TK Sri Juwita Hanum in period 2016/2017 and teacher of group A. The way of data collection technique is observation, interview, documentation and work method.  Validity of data used source triangulation and technique triangulation. The way of data analysis consist of Miles and Hibbermen interaktive analysis model . The conclusion of this research is within lecture bingo games can to increase identification of letters in children group A of TK Sri Juwita Hanum Mojosongo in period 2016/2017 academic year. It was increased in identification of letters   of children skill in every cycle. Capability of task in precycle is 6%, in first cycle is 31%, then in the second cycle is 75%.

 

Keyword: language development, identification of letters, lecture bingo games


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.