candi borobudur kerajaan di indonesia

Studi Komparasi Perkembangan Sosial Anak Program Regular dan Program Full Day School pada Kelompok B PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016

Pramesta Safitri, Kartono ., Chumdari .

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial anak yang mengikuiti program Regular dan perkembangan sosial anak yang mengikuiti program Full Day School pada kelompok B PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2015/16. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di PAUD AT Nur Chammad  Pandeyan Boyolali yang berjumlah 15 anak program full day dan 5 anak program regular. Sampel penelitian ini adalah semua anak-anak kelompok B di PAUD AT Nur Chammad  Pandeyan Boyolali yang berjumlah 20 anak (full day dan regular). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan t-test diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,771 > 2,101) sehingga Ho ditolak, sehingga dapaat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata perkembangan sosial anak di antara kedua kelompok. Nilai rata-rata perkembangan sosial pada program Regular 82 lebih besar dari rata-rata perkembangan sosial pada program Regular perkembangan sosial pada program Full Day School yaitu 65,67. Simpulan yang dapat diambil adalah anak-anak yang mengikuti program Regular perkembangan sosialnya lebih baik dibanding dengan anak-anak yang mengikuti program Full Day School.

Kata kunci : program fullday dan regular, perkembangan sosial

 

ABSTRACT This research aims to determine differences in social development of children regular programs and social development of children full day school program in group B PAUD AT Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali Academic Year 2015/16. This research is a quantitative conducted with comparative method. Data collection techniques in this research is by questionnaires, interviews and documentation. The population in this research were children in the early childhood group B AT Nur Chammad Pandeyan Boyolali totaling 15 children full-day program and children 5 regular programs. Samples were all children of the group B in early childhood AT Nur Chammad Pandeyan Ngemplak Boyolali totaling 20 children (full day and regular). The sampling technique used in this research is saturated sampling. Analysis of the data used to test the hypothesis is that before t-test was tested prerequisite to test for normality and homogeneity test. Based on the results of hypothesis testing by t-test is obtained tcount greater than t table (5.771> 2.101) so that Ho refused, so stated that there are differences in the average child's social development between the two groups. The average value of social development in the Regular program 82 is greater than the average social development programs in the social development Regular Full Day School program is 65.67. The conclusions that can be drawn is the children who take the program Regular social development is better than the children who take the program Full Day School.

Keywords: program full day school and regular, social development of children


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.