candi borobudur kerajaan di indonesia

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Bermain Pada Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Tahun 2016/2017

Nur Fadlila, Warananingtyas Palupi, Ruli Hafidah

Sari


ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran sains dengan menerapkan metode bermain pada anak kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Aisyiyah Punggawan Surakarta yang berjumlah 21 orang dan guru kelompok B1. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model miles and hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis anak pada setiap siklus. Pada prasiklus diperoleh ketuntasan kemampuan berpikir kritis anak mengalami peningkatan sebesar (61,90%) atau 13 anak. Pada siklus II diperoleh ketuntasan kemampuan berpikir kritis sejumlah 18 anak (85,71%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode bermain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak Kelompok B1TK Aisyiyah Punggawan  Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran sains, metode bermain.

ABSTRACK The purpose of this study is to improve critical thinking skills in science learning by applying the  play methoed  in group B1 children kindergarten Aisyiyah Punggawan Surakarta Academic Year 2016/2017. This research is a classroom action research (CAR) conducted in two cycles. This research is a class action research conducted in 2 cycles consists of 2 meetings they are planning, examination, observation, and reflection. Subjects and sources of data in this study is the group B1 kindergarten children Aisyiyah Punggawan Surakarta which numbered 21 people and teachers groups B1. The data collection technique is carried out through observation, interviews, documentation and test performance. The validity of the data used is source triangulation and triangulation techniques. Data analysis technique used is interactive analysis model of Miles and hubbermen which includes data collection, data reduction, observation, and reflection. The results of this classroom action research showed an increase in the critical thinking skills in science learning of children in each cycle. In the pre-cycle gained  critical thinking skills a number of 8 children (38.09%) of 21 children. In the first cycle obtained  critical thinking skills  of children increased by (61,90%) or 13 children. In two cycle  acquired mastery of critical thinking skills a number of 18 children (85,71%). Based on the results of a classroom action research conducted in two cycles can be concluded that the play  method can improve critical thinking skills in science learning of children Group B1 TK Aisyiyah Punggawan Surakarta Academic Year 2016/2017.

Keywords: critical thinking skills, science learning, play method


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.