candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A TK MUTIARA KERTEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Asri Diastanti, Yulianti ., Anayanti Rahmawati

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A TK Mutiara tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads togethers (NHT). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelakanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered heads togetherss( NHT) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A TK Mutiara tahun pelajaran 2013/2014 dengan perolehan nilai ketuntasan pada prasiklus 5 anak (21,74%), siklus pertama terdapat 10 anak ( 43,48%),dan pada siklus kedua terdapat 20 anak (86,96%).

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Togethers, kemampuan
berhitung permulaan.

ABSTRACT This research aim to increase the skill of early counting for children in group A at Mutiara’s kindergarten, academic year 2013/2014 with using cooperative learning models and numbered heads together (NHT) technic. This action class research implemented by two cycles and every cycles consists of planning, action, observation and reflection. The result showed that the implementation of cooperative learning using numbered heads together (NHT) could increase early counting skill for children in group A at Mutiara’s kindergarten academic year 2013/2014 with the completeness results at pre-cycle are 5 children (21,74 percent), first cycle are 10 children (43,48 percent) and at the second cycle are 20 children (86,96 percent).

Key Words: cooperative learning models, Numbered Heads Toghether, early counting skill.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.