candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI KEGIATAN MERONCE UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA 8 BLULUKAN COLOMADU TAHUN AJARAN 2012/2013

Asri Restu Utami, Sri Anitah, Siti Wahyuningsih

Sari


ABSTRAK Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan meronce anak melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada anak kelompok B TK Dharma Wanita 8 colomadu karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,dengan tipa siklus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan,tindakan,observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak didik dan guru kelompok B TK Dharma wanita 8 colomadu,semester genap,tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 18 anak didik.yang terdiri 6 lakilaki dan 12 perempuan serta 2 orang guru. Sumber data berasal dari informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya pembelajaran,dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan triangulasi sumber.Analisis data menggunakan analisis interaktif.Prosedur Penelitian penelitian berbasis kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan pada pratindakan nilai ketuntasan mencapai 11,11%, kemudian dilakukan tinadakan pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai ketuntasan 22,22%,dan pada siklus II menjadi 88,99%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motorik halus anak dalam kegiatan meronce anak kelompok B TK Dharma wanita 8 colomadu karanganyar tahun ajaran 2012/2013

Kata kunci : Model Pembelajaran kontekstual, motorik halus Kegiatan meronce.

ABSTRACT The purpose of this action research is to improve fine motor skills of children through child meronce activities through the application of contextual learning model to children in group B TK Dharma Wanita 8 Blulukan Colomadu academic year 2012/2013. This research is a class action (Action Rasearch ). The research was conducted in two cycles , consist of planning, action, observation, and reflection. The subjects were students and teachers of kindergarten group B Dharma Wanita 8 Blulukan Colomadu, even semester, academic year 2012/2013, consist of 18 student, they are 6 boys and 12 girls with 2 teachers. Source of data derived from the informant, places and events of learning takes place, and documents. Data collection techniques are observation, interviews, and documentary. Validity using triangulation of data sources. Analysis of the data using interactive analysis.Procedure collaborative classroom -based research studies. The results show the value of pre-action completeness reached 11.11 % , and then carried out the action on the first cycle an increase in the value of completeness 22.22 % , and the second cycle to 88.99 % . The conclusions of this research is the application of contextual learning model can improve fine motor meronce activities kindergarten children in group B Dharma Wanita 8 Colomadu Karanganyar academic year 2012/2013

Keywords : Contextual Learning Model , Fine Motor Meronce Activity


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.