candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Belajar Anak Kelompok B di Tk Cemara Dua Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Ayu Nayla Aktsari, Anayanti Rahmawati, Idam Ragil Widianto Atmojo

Sari


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan asesmen perkembangan belajar anak kelompok B di TK Cemara Dua Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini secara deskriptif yang didasarkan pada analisis interaktif data kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa TK Cemara Dua Banjarsari Surakarta telah melaksanakan asesmen perkembangan belajar untuk anak kelompok B, namun ada beberapa pelaksanaan yang belum sesuai dengan teori.

Keywords: asesmen, asesmen perkembangan belajar, asesmen perkembangan belajar anak usia dini

ABSTRACT This study aims to analyze the implementation of developmental assessment of children's learning in kindergarten group B Cemara Dua Banjarsari Surakarta Academic Year 2013/2014. This study used a qualitative descriptive approach by the case study method. The data analysis technique used in this study is descriptive, based on interactive analysis of qualitative data. The results of analysis showed that TK Cemara Dua Banjarsari Surakarta has conducted assessments of learning development for children in group B, but there are some implementation that is not in accordance with the theory.

Keywords: assessment, assessment of learning development, assessment development of early childhood learning


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.