candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BAGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 83 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Neni Tri Rejeki, Anayanti Rahmawati, Idam Ragil Widianto Atmojo

Sari


ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita menggunakan metode bercerita melalui media bagan pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 83 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 83 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sumber data berasal dari peristiwa proses pembelajaran, guru kelas A1 sebagai informan, dan dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bercerita pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan kelas pada kondisi awal sebesar 22,22%. Pada siklus I meningkat menjadi 55,55%. Pada siklus II menjadi 83,33%. Hasil tersebut telah memenuhi target penelitian yaitu 75% ketuntasan kelas. Simpulan penelitian ini adalah metode bercerita melalui media bagan dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 83 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Metode bercerita, media bagan, kemampuan bercerita

ABSTRACTThe purpose of this research is to improve storytelling ability use storytelling method through media chart in group A of children kindergarten Kemala Bhayangkari 83 Purworejo in the academic year 2015/2016. This research was classroom action research. It was conducted for two cycles, each cycle consist of planning, action, observation, and reflection. The subjects of the research were children in group A kindergarten Kemala Bhayangkari 83 Purworejo, amounting to 18 children, which consisted of 11 boys and 7 girls. The source of data was derived from learning prosses, teacher as informant and school documents. Data collecting techniques were observation, interview, performance and documentation. The data validity using source triangulation and technique triangulation. Data analisis use interaktif model date includes data reduction, data display, and conclution. The result of the research shows that storytelling abilityin group A of children kindergarten Kemala Bhayangkari 83 Purworejo, in the academic year 2015/2016 was improved. The percentage of classical completeness in precycle is 22,22%. At increse in cycle I become 55,55%. Then, increse in cycle II become 83,33%. These result have met the performance targets researcher by 75%. The conclution of this research states that storytelling method through media chart can improved storytelling ability in group A kindergarten Kemala Bhayangkari 83 Purworejo in the academic year 2015/2016.          

Keywords: Storytelling method, media chart, storytelling ability


Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.