candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JAWA MELALUI TEMBANG DOLANAN PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 01 NGRINGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Devi Ayu Pratiwi, Ruli Hafidah, Muhammad Munif Syamsuddin

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata Bahasa Jawa melalui tembang dolanan  pada anak kelompok A TK Pertiwi 01 Ngringo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan model siklus. Penelitian terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok A TK TK Pertiwi 01 Ngringo  yang berjumlah 15 anak. Data yang digunakan adalah hasil tes unjuk kerja, dan hasil observasi, hasil wawancara guru. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes unjuk kerja, wawancara, observasi,  dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Target keberhasilan penelitian adalah 75% dari jumlah anak atau sekitar 12 anak dari 15 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kosakata Bahasa Jawa  pada anak kelompok A TK Pertiwi 01 Ngringo  meningkat melalui tembang dolanan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase mulai dari prasiklus, yaitu 40% (6 anak dari 15 anak), menjadi 60% (9 anak dari 15 anak) pada siklus I, kemudian 80 % (12 anak dari 15 anak) pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan kosakata Bahasa Jawa  pada anak kelompok A TK Pertiwi 01 Ngringo Tahun Ajaran 2014/2015 dapat meningkat melalui tembang dolanan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: kosakata Bahsa Jawa, tembang dolanan

 

Abstract. The aim of this study is to  improve the vocabulary of the Java language through song dolanan the children in group A TK Pertiwi 01 Ngringo Academic Year 2014/2015. This research is a classroom action research (PTK) and using the model cycle. The study consisted of two cycles. Each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects of this study were children in group A TK TK Pertiwi 01 Ngringo totaling 15 children. The data used is the performance test results, and the results of observation, interviews of teachers. The data source is primary data and secondary data. Data collection techniques in this study is to test the performance, interviews, observation, and documentation. The validity of the data used in this study is triangulation and triangulation methods. Target research success is 75% of the number of children or about 12 children from 15 children. Results from this study indicate that the Java language vocabulary skills in children in group A TK Pertiwi 01 Ngringo increased through song dolanan. It can be seen from the increase in percentages ranging from prasiklus, ie 40% (6 children from 15 children), 60% (9 children from 15 children) in the first cycle, then 80% (12 children from 15 children) in the second cycle. Conclusions from this research is the ability of Javanese language vocabulary at kindergarten children in group A Pertiwi 01 Ngringo Academic Year 2014/2015 can be increased through song dolanan in learning activities.

Keywords: Java language vocabulary, Song dolanan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.