candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA SD

Siti Kamsiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan langkah-langkah aplikasi model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika di SD dan (2) meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita mate- matika pada siswa SD. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah semua siswa dan guru kelas IV SDN Kleco I Surakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif, dilihat dari peningkatan kelas rata-rata 64,18 setiap siklus, siklus I 69,4, siklus II 79,225, dan siklus III 85,75. Siswa yang tuntas belajar, tes awal (KKM= 68) dari 35%, siklus I (KKM= 70) dari 70%, siklus II (KKM= 75) dari 80%, dan siklus III (KKM= 80) dari 80%. Berdasarkan kesimpulan dapat direkomendasikan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika.

 

 


Keywords


model pembelajaran;pembelajaran kooperatif;soal cerita;matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats