candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 17 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Amri Rosadi, Triyanto Triyanto, Dyah Ratri Aryuna

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) yang dapat meningkatkan keaktifan dan pestasi belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Surakarta dan mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).Berdasarkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) keaktifan siswa kategori tinggimengalami peningkatan dari25% pada prasiklus menjadi 37,5%pada siklus I dan menjadi 46,43% pada siklus II, sedangkan pada keaktifan kategori rendah mengalami penurunan dari 46,43% pada prasiklus menjadi 37,5% pada siklus I dan menjadi 19,64%. Untuk prestasi belajar matematika, persentase siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari 46,43% pada prasiklus menjadi 71,43%  pada siklus I dan menjadi 89,29%pada siklus II. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 66,60pada prasiklus menjadi 70,71 pada siklus I dan menjadi 74,91 pada siklus II. Hal ini sesuai dengan indikator ketercapaian yang ditentukan yaitu setidaknya, minimal 30% dari siswa berada pada keaktifan kategori tinggi sedangkan maksimal 20% siswa berada pada keaktifan kategori rendah dan sedikitnya 75% dari siswa memperoleh hasil ujian lebih dari atau sama dengan batas KKM yaitu 72 dengan rata-rata kelas lebih besar atau sama dengan 72

Keywords


TPS (Think Pair Share), keaktifan belajar, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.