candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA SMA NEGERI I SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rohana Putri Agustina, Ashadi Ashadi, Bakti Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada materi koloid kelas XI MIA SMA Negeri I Sukoharjo menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes dan non-tes (observasi, wawancara, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning pada materi koloid kelas XI MIA 1 SMA Negeri I Sukoharjo dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa, dilihat dari peningkatan sikap ilmiah siswa dari 27,5% pada prasiklus, menjadi 72,5% pada siklus I, dan menjadi 97,5% pada siklus II dan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan (52,5% menjadi 95%), aspek sikap 100% pada siklus I, dan aspek keterampilan 100% pada siklus I. 


Keywords


penelitian tindakan kelas; problem based learning; prestasi belajar; sikap ilmiah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats