PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIPA 4 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok Sistem Koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar peserta didik pada materi pokok Sistem Koloid di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Persentase ketercapaian minat belajar 53,85% pada siklus I, meningkat menjadi 76,92% pada siklus II dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik (pencapaian aspek pengetahuan pada siklus I adalah 69,23% kemudian meningkat menjadi 87,18% pada siklus II. Pada aspek sikap dan keterampilan pada siklus I adalah 100%).
Keywords
Contextual Teaching and Learning (CTL); minat belajar; prestasi belajar; Sistem Koloid
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.