PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTANKELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanprestasi belajar danaktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes dan nontes (observasi, diskusi, wawancara, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar dapat meningkatkan aktivitas belajarsiswa, dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari 0% pada prasiklus menjadi 36% pada siklus I, dan menjadi 75% pada siklus II dan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan (44,4% menjadi 77,7%), aspek sikap 100% pada siklus I, dan aspek keterampilan 100% pada siklus I.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)