candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DILENGKAPI HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL SMA N 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Muhammad Agung Safari Cahyanto, Suryadi Budi Utomo, Sri Yamtinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan berpikir kritis siswa; (2) prestasi belajar siswa pada materi Termokimia  kelas XI di SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) dilengkapi Handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang  terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 3 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran CPS dilengkapi Handout dapat meningkatkan: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Termokimia. Hal ini dapat dilihat dari persentase siklus I 78,13%, dari hasil tersebut tidak dilakukan tindakan siklus II karena sudah mencapai target dari yang ditetapkan awal yaitu 75%. (2) Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif meningkat dari 65,63% pada siklus I menjadi 78,13% pada siklus II. Persentase aspek afektif pada siklus I adalah 81,65%  dan untuk aspek psikomotor pada siklus I mencapai 87,15%.


Keywords


Cooperative Problem Solving; berpikir kritis; prestasi belajar; Handout; Termokimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats