candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DAN LKS DALAM MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 2 PURWOKERTO

Dimas Gilang Ramadhani, Bakti Mulyani, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan  media pembelajaran mobile learning berbasis android dan LKS terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid, (2) pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid, dan (3) interaksi antara media pembelajaran LKS dan mobile learning dalam model pembelajaran student team achievement division (STAD) dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 dan XI MIPA 8 SMAN 2 Purwokerto tahun ajaran 2015/2016 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dan uji statistik Kruskal Wallis dengan bantuan SPSS 23. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) prestasi pengetahuan siswa pada media mobile learning berbasis android lebih baik dibandingkan dengan LKS, dengan rerata 80,88 dan 74,72, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan penggunaan media pembelajaran tidak memiliki pengaruh dengan prestasi siswa (2) prestasi pengetahuan siswa pada siswa dengan kemampuan memori tinggi lebih baik dari pada siswa dengan kemampuan memori rendah, dengan rerata 80,75 dan 74,79, sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan kemampuan memori tidak memiliki pengaruh dengan prestasi siswa  (3) tidak ada interaksi antara penggunaan mobile learning berbasis android dan LKS dalam model pembelajaran STAD dengan kemampuan memori terhadap prestasi siwa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.


Keywords


Mobile Learning Android; LKS; Kemampuan Memori; Sistem Koloid

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats