candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN LABORATORIUM REAL DAN VIRTUAL DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 SURAKARTA

Teguh Pambudi, Sri Mulyani, Agung Nugroho Catur Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam antara siswa yang diberi pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan laboratorium virtual; 2) perbedaan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah dan 3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan virtual dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain faktorial 2x2. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 (LC 5E-Lab.Real) dan siswa kelas XI MIPA 1 (LC 5E-Lab.Virtual). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann-Whitney dan Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam antara siswa yang diberi pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan laboratorium virtual; 2) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada materi hidrolisis garam antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan sikap ilmiah rendah dan 3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E menggunakan laboratorium real dan virtual dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam.


Keywords


Learning Cycle 5E; laboratorium Real dan Virtual; Sikap Ilmiah; Prestasi Belajar; Hidrolisis Garam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats