candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Indah Arifianingsih, Sri Mulyani, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol; (3) interaksi antara model pembelajaran Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 dan X MIA 3 SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh model Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI terhadap prestasi pengetahuan, tetapi tidak ada pengaruh terhadap prestasi sikap dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (2) tidak ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi pengetahuan, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol; (3) tidak ada interaksi antara model Problem Solving berbantuan tutor sebaya dan TAI dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada pokok bahasan konsep mol.

Keywords


Problem Solving berbantuan Tutor Sebaya; Team Assisted Individualization; Kemampuan Berpikir Kritis; Prestasi Belajar; Konsep Mol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats