candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DILENGKAPI LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUIL PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DI SMA ISLAM I SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Alifia Ayu Tiastari, Tri Redjeki, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar, prestasi belajar aspek kognitif, dan prestasi belajar aspek afektif antara siswa yang diajar menggunakan media laboratorium riil dan virtuil pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan model Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam I Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Sampel adalah siswa kelas X sebanyak dua kelas, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan tes objektif, prestasi belajar afektif dan aktivitas belajar menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi satu jalur multivariat. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal berikut : tidak ada perbedaan (1) aktivitas belajar , (2) prestasi belajar aspek kognitif, (3) prestasi belajar aspek afektif, (4) aktivitas belajar, prestasi belajar aspek kognitif dan afektif antara siswa yang diajar menggunakan model Learning Cycle 5E dilengkapi media laboratorium riil dengan virtuil pada pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Keywords


Learning Cycle 5E; Laboratorium Riil dan Virtuil; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats