PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dilengkapi catatan terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dilengkapi catatan terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibatasi hingga dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, kajian dokumen, angket, dan tes. Penelitan ini menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dilengkapi Catatan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (dari 58,89% pada siklus I menjadi 74,43% pada siklus II) dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (pencapaian prestasi belajar aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 62,25% pada siklus I menjadi 77,14% pada siklus II. Pada aspek afektif, pencapaian siklus I sebesar 75,14% pada siklus I menjadi 77,58% pada siklus II).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)