candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ENSIKLOPEDIA HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMAN 1 BOYOLALI DAN SMAN 1 TERAS

Arif Hidayat, Sulistyo Saputro, J. S. Sukardjo

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa ensiklopedia hukum-hukum dasar kimia dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg & Gall yang dimodifikasi oleh peneliti. Prosedur penelitian dan pengembangannya adalah 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal dan revisi, 5) uji coba lapangan dan revisi, 6) uji pelaksanaan lapangan dan revisi, dan 7) validasi ahli. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengujian kelayakan menggunakan metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia hukum-hukum dasar kimia dapat dikembangkan melalui metode penelitian dan pengembangan. Ensiklopedia hukum-hukum dasar kimia yang dikembangkan secara umum memiliki kelayakan yang baik berdasarkan penilaian oleh praktisi, peserta didik, dan tim ahli; mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil pretest dan posttest.


Keywords


Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; Ensiklopedia; Hukum-Hukum Dasar Kimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats