PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar melalui penerapan metode problem solving terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Objek pada penelitian ini adalah aktivitas belajar dan prestasi belajar. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar (dari 70,27 % pada siklus I menjadi 89,19 % pada siklus II) dan prestasi belajar pada aspek kognitif (dari 56,75 % pada siklus I menjadi 86,49 % pada siklus II) serta aspek afektif (dari 72,97 % menjadi 86,48 %) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
Keywords
Problem Solving Terbimbing; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)