PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KREATIVITAS VERBAL PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMAN 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hukum Dasar Kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolali semester genap tahun pelajaran 2013/2014, pengaruh kreativitas verbal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum Dasar Kimia, interaksi antara penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri dengan kreativitas verbal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2, sampel terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar pengetahuan dan kreativitas verbal, dan teknik non tes yaitu metode angket dan lembar observasi untuk prestasi belajar sikap dan prestasi belajar keterampilan. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum Dasar Kimia (2) Tidak ada pengaruh kreativitas verbal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum Dasar Kimia. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri dengan kreativitas verbal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hukum Dasar Kimia.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Inquiry, Kreativitas Verbal, Hukum Dasar Kimia
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)