candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN TGT DAN STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Nurzella Dwi Indrayanti, Sri Retno Dwi Ariani, Haryono Haryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan metode pembelajaran kooperatif TGT dan STAD terhadap prestasi belajar siswa, (2) perbedaan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode pembelajaran TGT dan STAD dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 4 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 yang diambil dengan teknik cluster random sampling.Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) prestasi belajar aspek kognitif siswa pada metode pembelajaran TGT lebih baik dari pada mengunakan metode pembelajaran STAD, hal ini ditunjukkan dari rerata masing–masing 80,62 dan 78,03. Sedangkan pada aspek afektif tidak ada perbedaan terhadap prestasi belajar siswa, (2) tidak terdapat perbedaan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif sedangkan pada aspek afektif ada perbedaan hal ini ditunjukkan rerata masing-masing 92,77 dan 85,147,(3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran TGT dan STAD dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan ditunjukkan nilai masing-masing uji anava Fhitung< Ftabel yaitu 0,9768< 4,00 dan Fhitung< Ftabel yaitu 0,0814< 4,00.

Kata Kunci :TGT, STAD, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar, Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats