candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA PADA MATERI PROSES EKSTRAKSI KELAS XI TEKNIK KIMIA INDUSTRI SMK N 2 SUKOHARJO

Nungky Adi Lestari, Sri Retno Dwi Ariani, Budi Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaranCTL dengan metode proyek dan metode eksperimen terhadap prestasi belajar siswa padamateri Proses Ekstraksi. (2) Pengaruh minat berwirausaha siswa terhadap prestasi belajarsiswa pada materi Proses Ekstraksi. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran CTL denganmetode proyek dan metode eksperimen dengan minat berwirausaha siswa terhadap prestasibelajar siswa pada materi Proses Ekstraksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentaldengan rancangan penelitian desain faktorial 2  2. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelasXI KI-A dan XI KI-B SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasilpenelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh pendekatan CTL (Contextual Teachingand Learning) dengan metode proyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar kognitif danafektif siswa, pendekatan CTL dengan metode proyek memiliki rata-rata prestasi kognitif lebihtinggi dari pada metode eksperimen, tetapi tidak ada pengaruhnya terhadap prestasipsikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi. (2) Terdapat pengaruh minat berwirausahatinggi dan rendah pada pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metodeproyek dan eksperimen terhadap prestasi belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswapada materi Proses Ekstraksi. (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan CTL denganmetode proyek dan metode eksperimen serta minat berwirausaha terhadap prestasi belajaraspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa pada materi Proses Ekstraksi.Kata kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Metode Proyek,Eksperimen,Minat Berwirausaha, Proses Ekstraksi

Kata kunci: Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), Metode Proyek, Eksperimen,Minat Berwirausaha, Proses Ekstraksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats