candi borobudur kerajaan di indonesia

KOMPARASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA LABORATORIUM DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Monica Cahyaning Ratri, Tri Redjeki, Agung Nugroho C. S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: (1) pengaruh penggunaan media laboratorium dan lingkungan pada pembelajaran materi sistem koloid dengan model CTL terhadap prestasi belajar aspek kognitif, (2) pengaruh penggunaan media laboratorium dan lingkungan pada pembelajaran materi sistem koloid dengan model CTL terhadap prestasi belajar aspek afektif,     (3) pengaruh penggunaan media laboratorium dan lingkungan pada pembelajaran materi sistem koloid dengan model CTL terhadap motivasi belajar siswa. Sampel adalah siswa kelas XI IPA sebanyak dua kelas, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes, prestasi belajar afektif menggunakan angket dan lembar observasi, sedangkan motivasi menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi satu jalur multivariat. Kesimpulan penelitian ini adalah: penggunaan media laboratorium dan lingkungan pada pembelajaran materi koloid dengan model CTL memberikan pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar aspek kognitif, aspek afektif dan motivasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats