candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DEMONSTRASI DAN PERCOBAAN PADA POKOK BAHASAN ASAM, BASA DAN GARAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Satya Sunartadi, J. S. Sukardjo, Nanik Dwi Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar pembelajaran Number Head Together (NHT) dengan menggunakan media percobaan dibandingkan pembelajaran NHT dengan media demonstrasi terhadap siswa pokok bahasan asam, basa, dan garam kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode dengan desain penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP negeri 2 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 7 kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelompok eksperimen I (media demonstrasi) dan kelompok eksperimen II (media percobaan) yang dipilih secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t- pihak kanan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) disertai media percobaan memberikan hasil prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan media demonstrasi pada materi pokok asam, basa dan garam pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh t hitung = 1,88 > t tabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh t hitung = 1,99 > t tabel = 1,67.

Kata Kunci: Metode pembelajaran, Numbered Heads Together (NHT), Media Demonstrasi,
Media Percobaan, Prestasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats