candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID DI SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Ratna Sari Dewi, . Haryono, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar pada materi sistem koloid. Peningkatan interaksi sosial dapat dilihat dari observasi langsung dan angket interaksi sosial, sedangkan peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari hasil tes kognitif, afektif dan psikomotor. Persentase interaksi sosial siswa, hasil tes kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus I hasil secara berturut-turut 45,32%; 18,75%; 34,38% dan 50,00%, sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II secara berturut-turut yaitu 76,57%; 90,63%; 53,13% dan 53,00%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats